Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technologies) Pada Mata Pelajaran Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Fadjeri, Akhmad
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:35:59Z
dc.date.available 2018-02-14T07:35:59Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2757
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technologies), mengetahui respon siswa, serta mengetahui apakah media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technologies) efektif untuk materi trigonometri kelas X Teknik Permesinan SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang hanya sampai uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang diperoleh dari hasil pengerjaan siswa pada soal tes prestasi belajar, observasi dengan mengisi angket keterlaksanaan proses pembelajaran, dan pengisisan angket respon siswa berupa data kualitatif dan kuantitatif serta analisis dengan persentase. Uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Permesinan A SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses pengembangan media pembelajaran: Analysis : kurikulum yang digunakan adalah KTSP, dengan model pembelajaran konvensional, media pembelajaran yang pernah digunakan menggunakan komputer dan LCD proyektor, siswa kurang aktif serta penggunaan rumus matematika yang banyak pada materi trigonometri. Design : menyusun rencana pengembangan dan menetapkan materi trigonometri sebagai materi pembelajaran. Development : menetapkan produk yang dibuat adalah e-learning, membangun sistem e-learning dengan sistem offline dan membuat materi pembelajaran. Implementation : mengonlinekan e-learning dan memasukan data pembelajaran di http://elearning-fadjeri.esy.es. Evaluation : melakukan pengambilan data respon siswa terhadap media pembelajaran, keterlaksanaan proses pembelajaran dan prestasi pembelajaran siswa. Respon siswa terhadap media pembelajaran memperoleh skor rerata 83,40 % dengan kategori sangat baik, prestasi belajar siswa yang lulus soal tes memperoleh skor rerata 77,50% (KKM > 75 %), dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan proses pembelajaran memperoleh skor rerata 91,38% dengan kategori “sangat baik” dapat disimpulkan dari ketiga indikator bahwa media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technologies) efektif untuk materi trigonometri kelas X Teknik Permesinan SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject ICT (Information and Communication Technologies), ADDIE, respon siswa, keefektifan media en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technologies) Pada Mata Pelajaran Matematika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account