Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Peningkatan Koneksi Matematis dan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Praweti, Anggi
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:38:15Z
dc.date.available 2018-02-14T07:38:15Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2759
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan koneksi matematis dan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran probing prompting. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kepil Kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing 3 pertemuan. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis. Pada siklus I siswa masih mengalami kesulitan dalam menghubungkan antar konsep dalam penyelesaian soal, mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematikanya serta menyelesaikan soal. Siklus I menghasilkan rerata sebesar 64,93% dengan kategori cukup. Dengan demikian maka dilakukan beberapa perbaikan dengan memberi latihan soal. Siklus II terjadi peningkatan dengan rerata 79,7% dengan kategori baik. Hasil dari siklus II ditunjukkan dengan siswa dapat menghubungkan konsep untuk menyelesaikan soal, mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematikanya serta dapat menyelesaikan soal dengan baik. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siklus I masih kurang. Siswa masih kesulitan dalam menuliskan konsep matematika, menyatakan ulang makna atau maksud dari soal dan menuliskan prosedur penyelesaian soal dengan tepat . Siklus I menghasilkan rerata sebesar 69,73% dengan kategori cukup. Dilakukan beberapa perbaikan, siklus II terjadi peningkatan dengan rerata 79,6% dengan kategori baik. Hasil dari siklus II ditunjukkan dengan siswa sudah bisa menuliskan konsep matematika dengan benar, siswa mampu menyatakan ulang makna atau maksud dari soal dan mampu menuliskan prosedur penyelesaian soal dengan tepat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Koneksi matematis, Pemahaman Konsep Matematika, Probing Prompting. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Peningkatan Koneksi Matematis dan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account