Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-B SMP Negeri 9
Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 9 Purworejo tahun
pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian
ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan
pelaksanaan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi,
dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian ini secara kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran
menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatan
kemampuan penalaran matematis siswa yaitu siswa dapat menarik kesimpulan
dalam menyelesaikan permasalahan matematis dan meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yaitu siswa dapat menyelesaikan masalah
dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Sedangkan hasil penelitian secara
kuantitatif model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan (1)
kemampuan penalaran matematis siswa yaitu dari hasil tes diperoleh rerata
presentase pada siklus I sebesar 73,37% meningkat menjadi 87,43% pada siklus
II. (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dari hasil tes
diperoleh rerata presentase pada siklus I sebesar 70,21% meningkat menjadi
82,03% pada siklus II.