dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi siswa terhadap
pembelajaran matematika kelas VIII SMP di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP di Kecamatan
Kemiri Kabupaten Purworejo dengan penelitian kualitatif. Pengambilan subjek
penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling dan diungkap
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan
data dilakukan triangulasi metode terhadap data yang diperoleh.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (a) matematika identik dengan rumus,
(b) dalam kehidupan sehari-hari, matematika berguna untuk menghitung, (c) rumus
dan contoh soal yang berperan dalam menyelesaikan soal matematika, (c) perilaku
guru saat mengajar baik karena memudahkan dalam mengerjakan soal dan tidak
meninggalkan kelas, (d) cara penyampaian materi oleh guru matematika dengan
menjelaskan dan menulis di papan tulis dan masih ada yang dengan suara krang keras,
(e) rumus yang menjadi kendala dalam menguasai dan memahami materi matematika,
(f) matematika sulit terutama karena rumus, (g) senang tidaknya saat mengikuti
pembelajaran matematika dipengaruhi oleh faktor dalam diri dan guru, (f)
memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan mengerjakan soal, mempelajari
kembali dan mendengarkan ketika guru menyampaikan materi, (g) ketika
pembelajaran menginginkan perubahan yang lebih baik dari diri sendiri maupun dari
kondisi kelas dan dari cara mengajar guru, (h) dalam belajar matematika ingin
memahami dan menguasai matematika, (i) guru memberikan tindakan terhadap siswa
yang membuat kondisi kelas kurang kondusif, (j) mudah tidaknya dalam memahami
materi yang sedang disampaikan oleh guru tergantung dari materi, rumus
dan cara guru dalam menyampaikannya, (k) mengerjakan perintah yang guru berikan
dengan berbagai perasaan kurang senang, (l) berpartisipasi dalam pembelajaran
matematika dengan mengerjakan perintah guru dan bersikap tenang, (m) bantuan
orang lain berperan dalam pengerjaan tugas, (n) mengulas kembali materi yang disampaikan
oleh guru ketika ada ulangan dan PR. |
en_US |