Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Ma tematika Kelas VIII SMP di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Retnoningsih, Anintya Dyas
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:43:12Z
dc.date.available 2018-02-14T07:43:12Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2767
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika kelas VIII SMP di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo dengan penelitian kualitatif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling dan diungkap menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan triangulasi metode terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (a) matematika identik dengan rumus, (b) dalam kehidupan sehari-hari, matematika berguna untuk menghitung, (c) rumus dan contoh soal yang berperan dalam menyelesaikan soal matematika, (c) perilaku guru saat mengajar baik karena memudahkan dalam mengerjakan soal dan tidak meninggalkan kelas, (d) cara penyampaian materi oleh guru matematika dengan menjelaskan dan menulis di papan tulis dan masih ada yang dengan suara krang keras, (e) rumus yang menjadi kendala dalam menguasai dan memahami materi matematika, (f) matematika sulit terutama karena rumus, (g) senang tidaknya saat mengikuti pembelajaran matematika dipengaruhi oleh faktor dalam diri dan guru, (f) memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan mengerjakan soal, mempelajari kembali dan mendengarkan ketika guru menyampaikan materi, (g) ketika pembelajaran menginginkan perubahan yang lebih baik dari diri sendiri maupun dari kondisi kelas dan dari cara mengajar guru, (h) dalam belajar matematika ingin memahami dan menguasai matematika, (i) guru memberikan tindakan terhadap siswa yang membuat kondisi kelas kurang kondusif, (j) mudah tidaknya dalam memahami materi yang sedang disampaikan oleh guru tergantung dari materi, rumus dan cara guru dalam menyampaikannya, (k) mengerjakan perintah yang guru berikan dengan berbagai perasaan kurang senang, (l) berpartisipasi dalam pembelajaran matematika dengan mengerjakan perintah guru dan bersikap tenang, (m) bantuan orang lain berperan dalam pengerjaan tugas, (n) mengulas kembali materi yang disampaikan oleh guru ketika ada ulangan dan PR. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject persepsi, pembelajaran matematika en_US
dc.title Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Ma tematika Kelas VIII SMP di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account