Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PeningkatanaPemahamanaKonsepadan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Bagelen Melalui Model Pembelajaran Pictorial Riddle (PR) Berbantuan Kartu Masalah Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Suryati, Astri Ade
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:45:18Z
dc.date.available 2018-02-14T07:45:18Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2769
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, komunikasi matematis, dan prestasi belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran PR berbantuan kartu masalah pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Bagelen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP PGRI Bagelen yang berjumlah 22 siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan pemahaman konsep, komunikasi matematis secara lisan dan tertulis, dan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 metode, yaitu observasi, tes, wawancara tidak terstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PR dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu siswa dapat menyatakan ulang sebuah kosep dan dapat menyelesaikan masalah, siswa dapat memaparkan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, siswa dapat menyelesaikan soal sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Selain itu, meningkatkan komunikasi matematis siswa baik secara lisan maupun tertulis yaitu siswa dapat menghubungkan gambar ke dalam ide matematika, menyatakan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika, mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dengan benar serta mampu menyimpulkan jawaban dengan kalimatnya sendiri. LKS dan kartu masalah membantu siswa untuk memahami materi yang sedang dipelajari. Hasil ini didukung data kuantitatif yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PR berbantuan kartu masalah dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep siswa yakni di siklus I sebesar 63,74% dan siklus II sebesar 78,38%, 2) komunikasi matematis lisan siswa di siklus I sebesar 50,38% dan siklus II meningkat menjadi 80,11%, 3) komunikasi matematis tertulis siswa di siklus I sebesar 63,34% dan siklus II meningkat menjadi 79,26%, 4) prestasi belajar matematika siswa pada pra siklus persentase ketuntasan klasikal sebesar 0%, sedangkan di siklus I meningkat menjadi 50%, dan di siklus II sebesar 77,3%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran Pictorial Riddle, Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematis, Prestasi Belajar en_US
dc.title PeningkatanaPemahamanaKonsepadan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Bagelen Melalui Model Pembelajaran Pictorial Riddle (PR) Berbantuan Kartu Masalah Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account