Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan representasi matematis
dan peningkatan partisipasi siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini
dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016
dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa dan 16 siswi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus pada masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian
tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perecanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi,
tes, catatan lapangan dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data secara
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa pada siklus I kemampuan siswa dalam
mengungkapkan kembali ide atau gagasan ke dalam masih mengalami kesulitan. Hal
tersebut terlihat dari siswa yang baru mampu mengubah ke dalam bentuk visual yaitu
gambar, diagram, tabel atau chart. Sementara kemampuan siswa untuk mengubah ke
dalam bentuk persamaan atau ekspresi matematis dan ke dalam bentuk tulisan atau
kata-kata masih mengalami kesulitan. Dengan demikian maka dilakukan perbaikan
yaitu dengan cara memperjelas langkah-langkah dengan konsep yang ada sehingga
pada siklus II terjadi peningkatan. Siswa mampu mengemukakan kembali ide atau
gagasan ke dalam bentuk visual, persamaan atau ekspresi matematis dan rulisan atau
kata-kata. Rerata persentase representasi matematis pada siklus I mencapai 66,98%
meningkat menjadi 81,32%. Sedangkan partisipasi siswa di dalam pembelajaran pada
siklus I masih kurang. Masih ada siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan
pembelajaran. Namun setelah dilakukan perbaikan partisipasi pada siklus II
meningkat. Siswa sudah berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Rerata
persentase partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 73,88% dan
meningkat pada siklus II menjadi 81,45%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
melalui penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan kemampuan
representasi matematis dan partisipasi siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 9
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.