Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Siswa Kelas VIII-C di SMP Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Ayu Sani Agung
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:48:03Z
dc.date.available 2018-02-14T07:48:03Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2772
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan representasi matematis dan peningkatan partisipasi siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa dan 16 siswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perecanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, catatan lapangan dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa pada siklus I kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali ide atau gagasan ke dalam masih mengalami kesulitan. Hal tersebut terlihat dari siswa yang baru mampu mengubah ke dalam bentuk visual yaitu gambar, diagram, tabel atau chart. Sementara kemampuan siswa untuk mengubah ke dalam bentuk persamaan atau ekspresi matematis dan ke dalam bentuk tulisan atau kata-kata masih mengalami kesulitan. Dengan demikian maka dilakukan perbaikan yaitu dengan cara memperjelas langkah-langkah dengan konsep yang ada sehingga pada siklus II terjadi peningkatan. Siswa mampu mengemukakan kembali ide atau gagasan ke dalam bentuk visual, persamaan atau ekspresi matematis dan rulisan atau kata-kata. Rerata persentase representasi matematis pada siklus I mencapai 66,98% meningkat menjadi 81,32%. Sedangkan partisipasi siswa di dalam pembelajaran pada siklus I masih kurang. Masih ada siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun setelah dilakukan perbaikan partisipasi pada siklus II meningkat. Siswa sudah berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Rerata persentase partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 73,88% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,45%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan partisipasi siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject representasi matematis, partisipasi, model pembelajaran Artikulasi en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Siswa Kelas VIII-C di SMP Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account