Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Gabungan Model STAD dan TGT pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 9 Purworejo Pokok Bahasan Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Apriyani, Defi
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:50:08Z
dc.date.available 2018-02-14T07:50:08Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2774
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakaktifan siswa dan rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan gabungan model pembelajaran STAD dan TGT, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa bengan menggunakan gabungan model pembelajaran STAD dan TGT. Model pembelajaran yang digunakan adalah gabungan model pembelajaran STAD dan TGT. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 9 Purworejo kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Data dalam penelitian ini diperolah dari tes prestasi belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I persentase prestasi belajar siswa adalah 61,29% hal ini terwujud dari masih rendahnya nilai tes pada siklus I yaitu, siswa masih kesulitan dalam mengerjakan LKS. Persentase keaktifan siswa adalah 54,84%, hal itu terwujud dari kondisi siswa yang masih malu untuk bertanya dan ketika disuruh untuk presantasi masih saling tunjuk. Perolehan persentase keaktifan dan prestasi belajar siswa tersebut belum mencapai indikator keberhasilan dan akan dilanjutkan siklus II. Untuk melanjutkan ke siklus II peneliti melaksanakan perbaikan dengan memberikan motivasi dan selalu berkeliling saat siswa sedang berdiskusi. Pada siklus II ini persentase prestasi belajar siswa dapat meningkat menjadi 77,54% hal ini terwujud dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan kelompok lain pada saat permainan gets score. Persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 83,78%. Meningkatnya persentase keaktifan siswa terwujud dari siswa menjadi tidak sungkan untuk bertanya dan mempresentasikan hasil diskusi, bahkan ketika disuruh untuk presentasi siswa tidak lagi saling tunjuk. Meningkatnya persentase keaktifan dan prestasi belajar siswa pada siklus II maka tidak akan dilaksanakan siklus selanjutnya. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa prestasi dan keaktifan siswa kelas VIII-A SMP N 9 Purworejo dapat meningkat setelah diterapkan gabungan model pembelajaran STAD dan TGT. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject STAD dan TGT, keaktifan, prestasi. en_US
dc.title Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Gabungan Model STAD dan TGT pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 9 Purworejo Pokok Bahasan Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account