Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
matematika melalui pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication
Technologies) pada siswa tunarungu SLB Negeri Purworejo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri
dari dua siklus. Setiap siklus memuat perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa tunarungu kelas VII semester II SLB
Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 5 siswa. Metode
pengumpulan data adalah metode observasi dan tes. Instrument yang digunakan
berupa lembar observasi dan soal tes yang berupa soal uraian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi
dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran berbasis ICT (Information
and Communication Technologies) pada siswa tunarungu SLB Negeri Purworejo.
Hal ini ditunjukkan dari persentase motivasi siklus I yaitu 58% meningkat
menjadi 85% pada siklus II. Dan prestasi belajar dari pratindakan yaitu 40%
dengan nilai rata-rata 32,6 pada siklus I meningkat menjadi 100% dengan nilai
rata-rata 78,4 pada siklus II.