dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kepil. Hasil belajar yang akan ditingkatkan
meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek afektif berkenaan
dengan sikap ketika pembelajaran berlangsung. Aspek psikomotorik berkaitan
dengan keterampilan siswa dalam menyatakan permasalahan yang terjadi ke
dalam simbol matematika. Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan penerapan
strategi pembelajaran think talk write.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam
dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A semester II SMP Negeri 1
Kepil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 17 siswa
laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa.
Aspek psikomotorik pada pembelajaran siklus I mencapai 41,5% kemudian
meningkat pada siklus II mencapai 71%, ini menunjukkan bahwa pada
pembelajaran siklus II siswa sudah mampu menemukan kesalahan mereka dalam
menyelesaikan soal dan mereka bisa mengerjakan soal dengan cara yang berbeda.
Aspek afektif pada pembelajaran siklus I mencapai 45,5% kemudian meningkat
pada siklus II mencapai 73%, menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus II
sudah banyak siswa yang memberikan tanggapan ketika diskusi berlangsung dan
banyak siswa yang memberikan respon terhadap penjelasan guru atau teman satu
kelompok. Aspek kognitif pada siklus I mencapai 48% kemudian meningkat pada
siklus II mencapai 71%, hal ini menjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai
diatas KKM dengan ketentuan KKM 75 sudah lebih banyak dibandingkan dari
siklus I.peningkatan pada aspek kognitif menyebabkan ketuntasan klasikal kelas
juga meningkat. Ketuntasan klasikal kelas pada siklus I mencapai 78% meningkat
menjadi 88% pada siklus II. |
en_US |