Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Safitri, Eny
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:55:02Z
dc.date.available 2018-02-14T07:55:02Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2779
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kepil. Hasil belajar yang akan ditingkatkan meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek afektif berkenaan dengan sikap ketika pembelajaran berlangsung. Aspek psikomotorik berkaitan dengan keterampilan siswa dalam menyatakan permasalahan yang terjadi ke dalam simbol matematika. Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan penerapan strategi pembelajaran think talk write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A semester II SMP Negeri 1 Kepil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Aspek psikomotorik pada pembelajaran siklus I mencapai 41,5% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 71%, ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus II siswa sudah mampu menemukan kesalahan mereka dalam menyelesaikan soal dan mereka bisa mengerjakan soal dengan cara yang berbeda. Aspek afektif pada pembelajaran siklus I mencapai 45,5% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 73%, menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus II sudah banyak siswa yang memberikan tanggapan ketika diskusi berlangsung dan banyak siswa yang memberikan respon terhadap penjelasan guru atau teman satu kelompok. Aspek kognitif pada siklus I mencapai 48% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 71%, hal ini menjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dengan ketentuan KKM 75 sudah lebih banyak dibandingkan dari siklus I.peningkatan pada aspek kognitif menyebabkan ketuntasan klasikal kelas juga meningkat. Ketuntasan klasikal kelas pada siklus I mencapai 78% meningkat menjadi 88% pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Think talk write, hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account