Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Pocket Book Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Listiyani, Evi
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:57:16Z
dc.date.available 2018-02-14T07:57:16Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2781
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif, representasi matematis, dan prestasi belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan pocket book. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini secara kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran TTW berbantuan pocket book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu siswa dapat mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan permasalahan matematis dan meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yaitu siswa mampu menggunakan representasinya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Sedangkan hasil penelitian secara kuantitatif model pembelajaran TTW berbantuan pocket book dapat meningkatkan (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dari hasil angket diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 60,76% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 77,05% dengan kategori baik. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 62,70%, meningkat pada siklus II menjadi 76,95%. (2) Kemampuan representasi matematis siswa yaitu dari hasil tes diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 61,72%, meningkat menjadi 77,21% pada siklus II. (3) Prestasi belajar siswa yaitu rata-rata nilai siswa pada pra siklus adalah 48,75 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21,88%. Dari hasil tes pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 65,25 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 53,13%, meningkat menjadi 77,16 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 100% pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject berpikir kreatif, representasi matematis, prestasi belajar, TTW en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Pocket Book Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account