Abstract:
Penelitian ini mengenai pengaruh ketidakpuasan konsumen dan
karakteristik kategori produk pada brand switching yang dimoderasi oleh variety
seeking, bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh ketidakpuasan konsumen pada
brand switching kartu prabayar GSM; (2) pengaruh karakteristik kategori produk
pada brand switching kartu prabayar GSM; (3) variety seeking memoderasi
pengaruh ketidakpuasan konsumen pada brand switching kartu prabayar GSM; (4)
variety seeking memoderasi pengaruh karakteristik kategori produk pada brand
switching kartu prabayar GSM.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu prabayar GSM dan
sudah pernah berpindah merek kartu prabayar GSM. Sampel penelitian ini
berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling
yaitu dengan Judgement Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan
regresi linier berganda dan regresi dengan moderasi (Uji Interaksi).
Hasil dari uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini terbukti reliabel
dan valid. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel
ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan pada brand switching
dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar 0,472.
Karakteristik kategori produk berpengaruh positif dan signifikan pada brand
switching dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar
0,352. Sedangkan hasil regresi moderating menunjukkan bahwaa Variety Seeking
tidak memoderasi pengaruh ketidakpuasan konsumen pada brand switching dengan
taraf signifikansi PValue 0,419 (> 0,05) dan dengan nilai b sebesar -,964. Variety
Seeking memoderasi pengaruh karakteristik kategori produk pada brand switching
dengan taraf signifikansi PValue 0,264 (> 0,05) dan dengan nilai b sebesar 1,026.