Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Rakhmawati, Evie
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:00:37Z
dc.date.available 2018-02-14T08:00:37Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2785
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus masing-masing 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Setiap siklus terdiri 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Pair Share di kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan yaitu Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (berbagi). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kwantitatif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan setelah mengikuti pembelajaran dengan model Think Pair Share hasil belajar matematika pada siklus I yaitu ranah kognitif pada siklus I mencapai persentase ketuntasan belajar 62,5% dan nilai rata-rata hasil tes adalah 76,603. Ranah kognitif matematika pada siklus II pada persensate belajar meningkat menjadi 84,375% dan nilai rata-rata tes adalah 85,1963. Ranah afektif pada siklus I mencapai persensate ketuntasan yaitu 53,125% dan pada siklus II mencapai persensate ketuntasan yaitu 84,375%. Ranah psikomotor pada siklus I mencapai persensate ketuntasan yaitu 50% dan pada siklus II mencapai persensate ketuntasan yaitu 78,125%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika, Think Pair Share en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account