dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini
dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan yang terdiri dari 32 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2
siklus masing-masing 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
refleksi. Setiap siklus terdiri 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Pembelajaran matematika
dengan model pembelajaran Think Pair Share di kelas VIII E SMP Negeri 1
Pejagoan dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan yaitu Think (berpikir),
Pair (berpasangan), dan Share (berbagi). Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu analisis data kwantitatif dengan mencari nilai rata-rata dan
persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1
Pejagoan setelah mengikuti pembelajaran dengan model Think Pair Share hasil
belajar matematika pada siklus I yaitu ranah kognitif pada siklus I mencapai
persentase ketuntasan belajar 62,5% dan nilai rata-rata hasil tes adalah 76,603.
Ranah kognitif matematika pada siklus II pada persensate belajar meningkat
menjadi 84,375% dan nilai rata-rata tes adalah 85,1963. Ranah afektif pada siklus
I mencapai persensate ketuntasan yaitu 53,125% dan pada siklus II mencapai
persensate ketuntasan yaitu 84,375%. Ranah psikomotor pada siklus I mencapai
persensate ketuntasan yaitu 50% dan pada siklus II mencapai persensate
ketuntasan yaitu 78,125%. |
en_US |