Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan partisipasi
belajar siswa, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa,dan (3)
peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-D SMP Negeri 15
Purworejo dalam pembelajaran matematika melalui model SFE.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dua siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subyeknya adalah siswa kelas VIII D SMP N 15
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat
meningkatkan partisipasi belajar siswa, kemampuan komunikasi matematis dan
prestasi belajar siswa. Adanya peningkatan persentase partisipasi belajar siswa
dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I partisipasi belajar siswa yaitu 68,99%
dalam kategori cukup dan siklus II mencapai 79,01% dalam kategori baik.
Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yakni pada siklus I
mencapai 61,96% dan siklus II mencapai 73,11%. Sedangkan rerata prestasi
belajar matematika siswa pada siklus I mencapai 60,50 dan pada siklus II
mencapai 72,89.