Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematis siswa dengan model Learning Cycle “5E”dan 2) untuk meningkatkan
berpikir kreatif matematis siswa dengan modelLearning Cycle “5E”. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Tahap penelitian terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Tindakan dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.Subjek
penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 25 Purworejo kelas VII-F tahun pelajaran
2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Metode pegumpulan data menggunakan
observasi, tes, dokumentasi,dan wawancara tidak terstruktur.Teknik analisis data
dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunkan model
Learning Cycle “5E” dapat meningkatkan 1) pemahaman konsepmatematis yaitu
siswa dapat untuk menyajikan kembali satu konsep matematika yang ditunjukan
dengan siswa mampu memahami konsep matematika dalam menyelesaikan
permasalahan matematis dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 63,71%
dengan kategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,44% pada
siklus II dengan kategori Baik. 2) berpikir kreatif matematis siswa yaitu siswa
mampu mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam
menyelesaikan masalah matematis dengan perolehan rerata persentaseyaitu
61,90% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus II
menjadi 78,23% dengan kategori Baik.