Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Munawaroh, Khanifatul
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:08:18Z
dc.date.available 2018-02-14T08:08:18Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2793
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Learning Cycle “5E”dan 2) untuk meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa dengan modelLearning Cycle “5E”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 25 Purworejo kelas VII-F tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi,dan wawancara tidak terstruktur.Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunkan model Learning Cycle “5E” dapat meningkatkan 1) pemahaman konsepmatematis yaitu siswa dapat untuk menyajikan kembali satu konsep matematika yang ditunjukan dengan siswa mampu memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematis dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 63,71% dengan kategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,44% pada siklus II dengan kategori Baik. 2) berpikir kreatif matematis siswa yaitu siswa mampu mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan masalah matematis dengan perolehan rerata persentaseyaitu 61,90% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 78,23% dengan kategori Baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep matematis, berpikir kreatif matematis, model pembelajaran Learning Cycle “5E” en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account