Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh relationship quality pada
loyalitas nasabah PD. BPR Bank Purworejo: (1) pengaruh kepercayaan pada
loyalitas nasabah PD. BPR Bank Purworejo; (2) pengaruh kepuasan pada loyalitas
nasabah PD. BPR Bank Purworejo; (3) pengaruh komitmen pada loyalitas
nasabah PD. BPR Bank Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah nasabah PD. BPR Bank Purworejo. Sampel
penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan
Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasing
sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel
kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas nasabah PD. BPR
Bank Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh
sebesar 0,318. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas
nasabah PD. BPR Bank Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,008 (< 0,05)
dan berpengaruh sebesar 0,247. Komitmen berpengaruh positif dan signifikan
pada loyalitas nasabah PD. BPR Bank Purworejo dengan taraf signifikansi PValue
0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,363. Secara keseluruhan Relationship
Quality yang terdiri dari kepercayaan, kepuasan, komitmen berpengaruh pada
loyalitas nasabah PD. BPR Bank Purworejo di lihat dari F hitung sebesar 58,417
dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga penelitian ini mendukung teori
Relationship Quality berpengaruh pada loyalitas nasabah.