Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas VII C SMP N 32 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Musyafa', Muhammad Faqihul
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:12:24Z
dc.date.available 2018-02-14T08:12:24Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2798
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemandirian belajar siswa, (2) peningkatan pemahaman konsep matematika, dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII C SMP N 32 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 32 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini secara kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa yaitu siswa dapat percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta memilih dan menerapkan strategi belajar. Selain itu, meningkatkan pemahaman konsep matematika yaitu siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, memberi contoh dan non-contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, siswa dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Adanya LKS dan mind mapping dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Hasil ini didukung data kuantitatif yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan (1) kemandirian belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 47% kemudian meningkat menjadi 72% siswa pada siklus II, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu pada siklus I sebesar 66% kemudian meningkat menjadi 78% siswa pada siklus II, (3) prestasi belajar matematika siswa yaitu 56% sebelum dikenai tindakan meningkat menjadi 63% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78% siswa pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject kemandirian belajar, pemahaman konsep, prestasi belajar, dan mind mapping. en_US
dc.title Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas VII C SMP N 32 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account