Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan keaktifan siswa kelas VII C
MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan pendekatan pembelajaran
Superitem secara kooperatif dan (2) meningkatkan pemahaman konsep matematika
siswa kelas VII C MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan
pendekatan pembelajaran Superitem secara kooperatif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus
dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pertemuan 1dan 2
untuk pemberian materi, serta pertemuan 3 untuk tes. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan, penilaian acuan patokan (PAP), dan
perhitungan nilai rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada siklus I diperoleh bahwa
siswa masih malu-malu dalam bertanya pada peneliti dan hanya mengandalkan teman
dalam kelompoknya. Pada siklus II siswa sudah berani bertanya dan sudah ikut
berpartisipasi dalam kelompok serta tidak lagi mengandalkan jawaban dari teman
dalam kelompoknya. Berdasarkan hasil perhitungan observasi keaktifan belajar siswa
pada siklus I siswa yang mendapat nilai dengsan kategori minimal baik adalah 24%.
Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83%. (2) Pada siklus I siswa masih
kesulitan dalam menyebutkan contoh dari suatu konsep dan mengembangkan syarat
perlu atau syarat cukup suatu konsep. Pada siklus II siswa sudah mampu
menyebutkan contoh dari suatu konsep serta siswa sudah mampu mengembangkan
syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. Berdasarkan hasil tes kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I siswa yang mendapat nilai dengan
kategori minimal baik adalah 34, 48%. Sedangkan pada siklus II mencapai 75,86%.