Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Superitem Secara Kooperatif Pada Siswa Kelas VII C MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Riyaningsih, Multiana
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:14:53Z
dc.date.available 2018-02-14T08:14:53Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2801
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan keaktifan siswa kelas VII C MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan pendekatan pembelajaran Superitem secara kooperatif dan (2) meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan pendekatan pembelajaran Superitem secara kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pertemuan 1dan 2 untuk pemberian materi, serta pertemuan 3 untuk tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan, penilaian acuan patokan (PAP), dan perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada siklus I diperoleh bahwa siswa masih malu-malu dalam bertanya pada peneliti dan hanya mengandalkan teman dalam kelompoknya. Pada siklus II siswa sudah berani bertanya dan sudah ikut berpartisipasi dalam kelompok serta tidak lagi mengandalkan jawaban dari teman dalam kelompoknya. Berdasarkan hasil perhitungan observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I siswa yang mendapat nilai dengsan kategori minimal baik adalah 24%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83%. (2) Pada siklus I siswa masih kesulitan dalam menyebutkan contoh dari suatu konsep dan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Pada siklus II siswa sudah mampu menyebutkan contoh dari suatu konsep serta siswa sudah mampu mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I siswa yang mendapat nilai dengan kategori minimal baik adalah 34, 48%. Sedangkan pada siklus II mencapai 75,86%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, keaktifan belajar, superitem, kooperatif. en_US
dc.title Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Superitem Secara Kooperatif Pada Siswa Kelas VII C MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account