dc.description.abstract |
Perilaku perpindahan merek pada pelanggan merupakan fenomena yang
kompleks yang dipengaruhi oleh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari
variasi produk, harga produk, dan iklan produk pesaing. Perpindahan merek
terjadi pada banyak jenis produk salah satunya adalah handphone. Hal ini
menuntut perusahaan agar bisa menciptakan produk yang unggul untuk
meningkatkan loyalitas merek.
Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh ketidakpuasan
konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk, dan iklan produk
pesaing terhadap perpindahan merek handphone.
Populasi penelitian ini adalah semua orang yang pernah menggunakan
handphone dan telah beralih ke merek lain di Kabupaten Purworejo. Sampel
penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability
Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasing
sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel
ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif sebesar 0,473 dan signifikan pvalue
0,000 . Kebutuhan mencari variasi produk berpengaruh positif sebesar 0,183 dan
signifikan pvalue 0,003. Harga produk berpengaruh positif sebesar 0,199 dan
signifikan pvalue 0,018 . Iklan produk pesaing berpengaruh positif sebesar 0,146
dan signifikan pvalue 0,036 terhadap perpindahan merek handphone di Kabupaten
Purworejo. |
en_US |