Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Kelas VII A SMP Negeri 7 Kebumen dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Media Puzzle Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhayati
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:16:15Z
dc.date.available 2018-02-14T08:16:15Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2804
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 7 Kebumen kelas VII A dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan media puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Kebumen tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus diadakan tes siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan soal tes berpikir kritis dan kreatif matematis. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan media puzzle terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukan pada kegiatan siklus I siswa belum mampu untuk memberikan penilaian atau pertimbangan terhadap suatu permasalahan matematika, pada siklus II siswa mampu memberikan penilaian atau pertimbangan terhadap suatu permasalahan matematika. Selain itu, perolehan rerata lembar angket berpikir kritis pada siklus I 65,11% dengan kategori “cukup” pada siklus II meningkat menjadi 77,72% dengan kategori “baik” sedangkan rerata tes berpikir kritis siswa dari 60,07% dengan kategori “cukup” pada siklus I meningkat menjadi 78,42% dengan kategori “ baik” pada siklus II. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditunjukan pada kegiatan siklus I siswa belum mampu mengembangkan gagasan yang dimiliki serta siswa belum mampu memberikan penyelesaian masalah dengan cara yang berbeda, pada siklus II siswa sudah mampu mengembangkan gagasan yang dimiliki serta siswa sudah mampu memberikan penyelesaian masalah dengan cara yang berbeda. Selain itu, perolehan rerata lembar angket berpikir kreatif siswa pada siklus I dari 61,72% dengan kategori “cukup” pada siklus II meningkat menjadi 76,41% dengan kategori “baik” sedangkan rerata tes berpikir kreatif matematis siswa dari 65,55% dengan kategori “cukup” pada siklus I meningkat menjadi 78,36% dengan kategori “baik” pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Berpikir kritis, berpikir kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), dan puzzle. en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Kelas VII A SMP Negeri 7 Kebumen dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Media Puzzle Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account