dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh lingkungan fisik
terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh lingkungan sosial terhadap
keputusan pembelian; (3) pengaruh tujuan terhadap keputusan pembelian; (4)
pengaruh pespektif waktu terhadap keputusan pembelian; (5) pengaruh keadaan
yang mendahului terhadap keputusan pembelian.
Populasi penelitian ini adalah semua konsumen pengunjung Giant
Supermarket di Kota Cilacap. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang.
Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan
Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier
berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel
Lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,191 dan taraf
signifikansi PValue 0,047 (< 0,05). Lingkungan sosial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan
pengaruh sebesar 0,224 dan taraf signifikansi PValue 0,013 (< 0,05). Tujuan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant
Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,243 dan taraf signifikansi PValue
0,004 (< 0,05). Perspektif waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian di Giant Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar
0,185 dan taraf signifikansi PValue 0,015 (< 0,05). Keadaan yang mendahului
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Giant
Supermarket Cilacap dengan pengaruh sebesar 0,165 dan taraf signifikansi PValue
0,032 (< 0,05). |
en_US |