Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan minat siswa, (2)
keaktifan siswa dan (3) prestasi belajar siswa kelas VIIA SMP PGRI Bagelen tahun
pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada
siswa kelas VIIA SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 siswa, yang
terdiri dari 18 siswa laki‐laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa, lembar angket minat dan soal tes.
Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase dan rerata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat siswa
yang ditunjukan pada lembar angket dari siklus I sebesar 75,25% dengan kategori
baik, dan meningkat sebesar 10,71 % menjadi 85,96 % dengan kategori sangat
baik pada siklus II. Peningkatan keaktifan yang ditunjukan pada lembar observasi
dari siklus I sebesar 73,74 % dengan kategori cukup, dan meningkat sebesar 9 %
menjadi 82,74 % dengan kategori baik pada siklus II. Terdapat peningkatan
prestasi yang ditunjukan pada tes siklus I sebesar 65,48 dengan ketuntasan
klasikalnya 53,57 %, hingga mengalami peningkatan yang cukup baik dengan
rerata sebesar 76,61 dengan ketuntasan klasikalnya 78,57 % pada siklus II.