Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kreativitas dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Haryani, Rina
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:20:51Z
dc.date.available 2018-02-14T08:20:51Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2811
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) kreativitas dan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended efektif terhadap kreativitas dan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas bivariat dan uji homogenitas menggunakan metode Box’M Test pada taraf signifikansi 0.05. Sedangkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t multivariat dilanjutkan uji-t univariat. Dari hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas dan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended efektif terhadap kreativitas dan komunikasi matematis siswa. Sehingga model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended baik digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII MTs Negeri Purworejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Open- Ended, Kreativitas, Komunikasi Matematis. en_US
dc.title Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kreativitas dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account