dc.contributor.author |
Haryani, Rina |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-14T08:20:51Z |
|
dc.date.available |
2018-02-14T08:20:51Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2811 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) kreativitas dan
komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dengan
pendekatan open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
ekspositori, (2) model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended efektif
terhadap kreativitas dan komunikasi matematis siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Negeri Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random
sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas A sebagai kelas eksperimen dan
kelas B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Uji prasyarat hipotesis menggunakan
uji normalitas bivariat dan uji homogenitas menggunakan metode Box’M Test pada
taraf signifikansi 0.05. Sedangkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t
multivariat dilanjutkan uji-t univariat.
Dari hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas dan
komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dengan
pendekatan open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
ekspositori, (2) model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended efektif
terhadap kreativitas dan komunikasi matematis siswa. Sehingga model pembelajaran
CIRC dengan pendekatan open-ended baik digunakan dalam pembelajaran
matematika kelas VII MTs Negeri Purworejo. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Open- Ended, Kreativitas, Komunikasi Matematis. |
en_US |
dc.title |
Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kreativitas dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |