Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan
pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo
melalui penerapan strategi pembelajaran diskusi make a match.
Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo yang
berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan analisis
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian kualitatif dengan strategi pembelajaran diskusi make a match
bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I menunjukkan siswa belum bertanya dan
menjawab pertanyaan, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, dan
pada siklus II menunjukkan bahwa siswa mampu mengemukakan pendapat,
bertanya dan menjawab pertanyaan, dan mendengarkan dengan baik ketika teman
berpendapat, serta kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I
menunjukkan siswa masih kesulitan dalam menyatakan ulang sebuah konsep,
menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan pada siklus
II menunjukkan bahwa siswa dapat memilih prosedur dan mengaplikasikan konsep
atau algoritma dalam pemecahan masalah serta dapat mengklasifikasikan objek
berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk suatu konsep.
Sedangkan hasil penelitian kuantitatif strategi pembelajaran diskusi make a match
yaitu (1) rata-rata keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I berdasarkan
hasil observasi 61,29% dengan kategori cukup dan pada siklus II keaktifan belajar
siswa meningkat menjadi 78,80% dengan kategori baik. (2) Hasil tes pemahaman
konsep pada siklus I menunjukkan 32,25% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan
rata-rata nilai 65,74 dan rata-rata pemahaman 68,11% meningkat pada siklus II
menjadi 76,67% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 70,51 dan
rata-rata pemahaman konsep 78,67%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran diskusi make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar dan
pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo
Tahun Ajaran 2015/2016 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan model
pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.