Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan Belajar Dan Pemahaman Konsep MatematikaMelalui Diskusi Make A Match Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Riyani, Septi
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:23:27Z
dc.date.available 2018-02-14T08:23:27Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2813
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo melalui penerapan strategi pembelajaran diskusi make a match. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian kualitatif dengan strategi pembelajaran diskusi make a match bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I menunjukkan siswa belum bertanya dan menjawab pertanyaan, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa mampu mengemukakan pendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, serta kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I menunjukkan siswa masih kesulitan dalam menyatakan ulang sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa dapat memilih prosedur dan mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah serta dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk suatu konsep. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif strategi pembelajaran diskusi make a match yaitu (1) rata-rata keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I berdasarkan hasil observasi 61,29% dengan kategori cukup dan pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 78,80% dengan kategori baik. (2) Hasil tes pemahaman konsep pada siklus I menunjukkan 32,25% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 65,74 dan rata-rata pemahaman 68,11% meningkat pada siklus II menjadi 76,67% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 70,51 dan rata-rata pemahaman konsep 78,67%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diskusi make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo Tahun Ajaran 2015/2016 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan belajar, pemahaman konsep, Make A Match en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan Belajar Dan Pemahaman Konsep MatematikaMelalui Diskusi Make A Match Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonorowo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account