Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa
melalui model pembelajaran make a match kelas VIII E SMP Muhammadiyah 2 Kebumen
Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 2 Kebumen yang berjumlah 39 siswa yang
terdiri dari 16 siswa putri dan 23 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan metode
observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian ini adalah lembar
observasi minat, lembar observasi keaktifan dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini
dengan menggunakan persentase dan rerata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan keaktifan belajar siswa kelas VIII E
SMP Muhammadiyah 2 Kebumen mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran
melalui model pembelajaran make a match. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan persentase minat belajar siswa dilihat dari hasil observasi siklus I yaitu
64,92% menjadi 79,02% pada siklus II dan keaktifan belajar siswa yang mengalami
peningkatan dari 62,47% menjadi 76,34% pada siklus II. Nilai rata˗ rata awal 54,41
dengan persentase ketuntasan 20,51% menjadi 65,18 dengan persentase ketuntasan 35,90%
pada siklus I dan meningkat menjadi 76,72 dengan persentase ketuntasan 71,79% pada
siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match, minat dan
keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan.