Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan
komunikasi matematis siswa Kelas VII A SMP Negeri 4 Purworejo setelah
dikenai pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) .
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran
2015/2016 dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini menggunakan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) yang terdiri dari tiga
tahapan yaitu Think (berpikir), Talk (berbicara atau berdiskusi), dan Write
(menulis). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara
kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif.
Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa model pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan dan
komunikasi matematis siswa. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan pada
siklus 1 siswa masih jarang yang mau mengerjakan permasalahan yang diberikan
oleh peneliti sedangkan pada siklus II sudah banyak siswa yang mau mengerjakan
permasalahan yang diberikan oleh peneliti dan mau mempresentasikan hasil
jawabannya kedepan. Peningkatan komunikasi matematis tertulis siswa
ditunjukkan pada siklus I siswa belum mampu mengubah soal uraian ke dalam
bentuk model matematika sedangkan pada siklus II siswa sudah mampu
mengubah soal uraian ke dalam bentuk model matematika. Hal tersebut didukung
dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan
belajar siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 61,98% dengan kategori
cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 76,17% dengan kategori baik.
Sedangkan rata-rata persentase komunikasi matematis siswa berdasarkan tes pada
siklus I sebesar 64,27% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II
menjadi 77,19% dengan kategori baik.