Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media
pembelajaran komik berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar
untuk SMP/MTS kelas VIII semester genap, (2) Mengetahui validitas,
kepraktisan, dan keefektifan komik berbasis etnomatematika pada materi bangun
ruang sisi datar untuk SMP/MTS kelas VIII semester genap yang akan
dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Tahap dari penelitian ini terdiri dari: (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3)
tahap pengembangan, (4) tahap uji coba, (5) tahap evaluasi. Validasi produk
pengembangan mencakup (1) uji ahli media, (2) uji ahli materi, (3) uji ahli
budaya, dan (4) uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik
kelas IX SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media, materi,
budaya, dan lembar penilaian peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata skor dari ahli media sebesar 3,91
(valid), oleh ahli materi sebesar 2,92 (cukup valid), dan ahli budaya sebesar 3,50
(valid). Ahli media dan budaya juga menyatakan bahwa media komik berbasis
etnomatematika dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan ahli materi menyatakan
bahwa media komik berbasis etnomatematika dapat digunakan dengan sedikit
revisi sesuai saran perbaikan. Media komik berbasis etnomatematika mendapat
respon sangat positif dengan rata-rata persentase sebesar 92,59%. Dari hasil
penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis etnomatematika
yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta
didik kelas VIII SMP.