Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Komik Berbasis Etnomatemaika Sebagai Media Pembelajaran di SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Farida, Dhiyani Imawati
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:29:41Z
dc.date.available 2018-02-14T08:29:41Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2819
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media pembelajaran komik berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk SMP/MTS kelas VIII semester genap, (2) Mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan komik berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk SMP/MTS kelas VIII semester genap yang akan dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap dari penelitian ini terdiri dari: (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap uji coba, (5) tahap evaluasi. Validasi produk pengembangan mencakup (1) uji ahli media, (2) uji ahli materi, (3) uji ahli budaya, dan (4) uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media, materi, budaya, dan lembar penilaian peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata skor dari ahli media sebesar 3,91 (valid), oleh ahli materi sebesar 2,92 (cukup valid), dan ahli budaya sebesar 3,50 (valid). Ahli media dan budaya juga menyatakan bahwa media komik berbasis etnomatematika dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan ahli materi menyatakan bahwa media komik berbasis etnomatematika dapat digunakan dengan sedikit revisi sesuai saran perbaikan. Media komik berbasis etnomatematika mendapat respon sangat positif dengan rata-rata persentase sebesar 92,59%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis etnomatematika yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas VIII SMP. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject komik, etnomatematika, media pembelajaran en_US
dc.title Pengembangan Komik Berbasis Etnomatemaika Sebagai Media Pembelajaran di SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account