Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keefektifan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Group Investigation (GI) Dalam Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Luthfiana, Diah
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:31:49Z
dc.date.available 2018-02-14T08:31:49Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2822
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar yang dikenai model pembelajaran TAPPS lebih efektif daripada yang dikenai model pembelajaran GI dalam pembelajaran matematika pada materi Bangun Datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Pengujian prasyarat keseimbangan menggunakan Lilliefors untuk mengujian normalitas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas. Pengujian prasyarat hipotesis menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas. Pengujian keefektifan menggunakan uji proporsi satu pihak (kanan). Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji kesamaan dua proporsi satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi kompetensi, model pembelajaran TAPPS efektif dan GI tidak efektif terhadap hasil belajar matematika dalam materi Bangun Datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2015/2016. Dari segi sikap, model pembelajaran TAPPS dan model pembelajaran GI efektif terhadap hasil belajar matematika dalam materi Bangun Datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan model pembelajaran TAPPS lebih efektif daripada model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika dalam materi Bangun Datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Keefektifan, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Group Investigation (GI), Hasil belajar matematika siswa en_US
dc.title Keefektifan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Group Investigation (GI) Dalam Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account