Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Mathematical Discourse untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo Tahun ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Suryani
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:36:00Z
dc.date.available 2018-02-14T08:36:00Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2826
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan mathematical discourse pada siswa kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII G semester 2 SMP Negeri 33 Purworejo Tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengetahui komunikasi matematis lisan, soal tes untuk mengetahui komunikasi matematis tertulis dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui jalannya proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase komunikasi matematis mengalami peningkatan yaitu dari 73,07% pada siklus I menjadi 78,78% pada siklus II. Selain itu persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 46,15% pada siklus I menjadi 72,72% pada siklus II. Selain peningkatan persentase tersebut ada beberapa peningkatan lain yang siswa tunjukkan seperti siswa semakin antusias mengikuti pembelajaran, siswa lebih terbiasa dalam belajar dengan cara berdiskusi, siswa lebih berani mengungkapkan pendapatnya di dalam suatu diskusi serta siswa lebih bisa memahami berbagai bentuk soal yang disajikan dalam suatu permasalahan. Simpulan pada penelitian ini komunikasi matematis dan kemampaun pemecahan masalah matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo tahun ajaran 2015/2016 meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan mathematical discourse. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematika. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Mathematical Discourse untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo Tahun ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account