Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Komparasi Antara Model Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) dan Learning Cycle Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP N 12 Purworejo Tahun Ajaran 2016/207

Show simple item record

dc.contributor.author Fadhilah, Nurul
dc.date.accessioned 2018-02-14T08:39:24Z
dc.date.available 2018-02-14T08:39:24Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2829
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan NHT dan Learning Cycle pada materi faktorisasi suku aljabar yang dicapai siswa kelas VIII SMP N 12 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 12 Purworejo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 189. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Data yang diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa tingkat pemecahan masalah matematika siswa baik dari kemampuan transfer dekat maupun kemampuan transfer jauh siswa kelas VIII SMP N 12 Purworejo setidaknya lebih dari 65% siswa mampu memecahkan masalah matematika. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan transfer dekat kelas eksperimen I adalah 84,74 dan kelas eksperimen II adalah 83,59, sedangkan untuk rata-rata kemampuan transfer jauh kelas eksperimen I adalah 83,79 dan kelas eksperimen II adalah 82,46. Dari hasil uji pengolahan data didapatkan t obs = 0,579 untuk kemampuan transfer dekat dan t obs = t obs = 0,709 untuk kemampuan transfer jauh, sedangkan t tabel = 1,998 dengan daerah kritik terletak pada daerah yang memiliki –t < -1,998 dan t > 1,998 . Dengan demikian tidak terletak pada daerah kritik, hal ini menyebabkan terjadinya penerimaan H0. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan metode Learning Cycle baik dalam kemampuan transfer dekat maupun kemampuan transfer jauh. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran NHT dan Learning Cycle, Pemecahan masalah siswa en_US
dc.title Studi Komparasi Antara Model Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) dan Learning Cycle Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP N 12 Purworejo Tahun Ajaran 2016/207 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account