Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran
matematika dengan strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII B SMP IT Ulul
Albab Purworejo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B
semester II SMP IT Ulul Albab Purworejo tahun ajaran 2015/2016 yang
berjumlah 24 siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode
observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi
untuk mengukur aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dan tes untuk
mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada tiap siklus.
Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII B
SMP IT Ulul Albab Purworejo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II
setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan strategi REACT. Hal ini
ditunjukan pada lembar observasi dari 72,59% dalam kategori cukup pada siklus I,
menjadi 79,81% dalam kategori baik pada siklus II. Terdapat peningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 65,01% dalam kategori
cukup pada siklus I, menjadi 79,51% dalam kategori baik pada siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi
REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan
masalah matematika pada siswa kelas VIII B SMP IT Ulul Albab Purworejo tahun
ajaran 2015/2016.