Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kemampuan visualspasial
dan (2) prestasi siswa melalui model pembelajaran pictorial riddle
berbantuan media wingeom pada siswa kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap setiap siklusnya adalah perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa
kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Instrumen
penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Tes
terdiri dari tes kemampuan visual-spasial dan tes prestasi belajar. Analisis data
dilaksanakan secara kualitatif untuk menganalisis lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran dan secara kuantitatif untuk menghitung persentase tes kemampuan
visual-spasial serta persentase ketuntasan tes prestasi belajar.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Persentase kemampuan visual-spasial
siswa pada siklus I sebesar 46,88% meningkat menjadi 68,75% pada siklus II. (2)
Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 59,38% meningkat
menjadi 78,13% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
pictorial riddle berbantuan media wingeom dapat meningkatkan kemampuan
visual-spasial dan prestasi siswa kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun
Pelajaran 2015/2016.