dc.contributor.author |
Sukenti, Novia |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-14T08:55:01Z |
|
dc.date.available |
2018-02-14T08:55:01Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2838 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kemampuan visualspasial
dan (2) prestasi siswa melalui model pembelajaran pictorial riddle
berbantuan media wingeom pada siswa kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap setiap siklusnya adalah perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa
kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Instrumen
penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Tes
terdiri dari tes kemampuan visual-spasial dan tes prestasi belajar. Analisis data
dilaksanakan secara kualitatif untuk menganalisis lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran dan secara kuantitatif untuk menghitung persentase tes kemampuan
visual-spasial serta persentase ketuntasan tes prestasi belajar.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Persentase kemampuan visual-spasial
siswa pada siklus I sebesar 46,88% meningkat menjadi 68,75% pada siklus II. (2)
Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 59,38% meningkat
menjadi 78,13% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
pictorial riddle berbantuan media wingeom dapat meningkatkan kemampuan
visual-spasial dan prestasi siswa kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun
Pelajaran 2015/2016. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
pictorial riddle, wingeom, kemampuan visual-spasial, prestasi belajar. |
en_US |
dc.title |
Penerapan Model Pictorial Riddle Berbantuan Media Wingeom untuk Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial dan Prestasi Siswa Kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |