Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
model pembelajaran MEA lebih baik daripada pembelajaran dengan model
pembelajaran PBL pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas
VII SMP N 6 Purworejo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu).
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 6 Purworejo yang terdiri
dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan
teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes
kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk tes uraian yang
sudah diujicobakan serta telah memenuhi syarat validitas, tingkat kesukaran, daya
pembeda dan reliabilitas.
Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Setelah dilakukan
uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan alfa = 0,05 diperoleh
t obs = 1,672 dengan t tabel = 1,645. Maka dari itu, H0 ditolak yang mengakibatkan
H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model
pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran PBL pada
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 6 Purworejo
tahun ajaran 2015/2016.