Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) disiplin
belajar; (2) task commitment; (3) kemandirian belajar; (4) disiplin belajar dan task
commitment; (5) task commitment dan kemandirian belajar; (6) kemandirian belajar
dan disiplin belajar; (7) disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian
belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-
Kecamatan Bagelen sebanyak 414 orang dengan sampel sebanyak 104 orang. Pengambilan
sampel dengan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan
data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis
korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji
homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian.
Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Ŷ=
−7,880 + 0,100 𝑋1 + 0,132 𝑋2 + 0,152 𝑋3, yang artinya prestasi belajar matematika
dipengaruhi oleh disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar: 0,215;
0,225; 0,223; 0,266; 0,291; 0,281. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat
hubungan positif dan signifikan antara: (1) disiplin belajar; (2) task commitment;
(3) kemandirian belajar; (4) disiplin belajar dan task commitment; (5) task commitment
dan kemandirian belajar; (6) kemandirian belajar dan disiplin belajar terhadap
prestasi belajar matematika; dan (7) terdapat hubungan positif dan tidak
signifikan antara disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar terhadap
prestasi belajar matematika sebesar 0,093.