Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Disiplin Belajar, Task Commitment, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniasari, Desi
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:00:39Z
dc.date.available 2018-02-14T09:00:39Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2845
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) disiplin belajar; (2) task commitment; (3) kemandirian belajar; (4) disiplin belajar dan task commitment; (5) task commitment dan kemandirian belajar; (6) kemandirian belajar dan disiplin belajar; (7) disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se- Kecamatan Bagelen sebanyak 414 orang dengan sampel sebanyak 104 orang. Pengambilan sampel dengan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Ŷ= −7,880 + 0,100 𝑋1 + 0,132 𝑋2 + 0,152 𝑋3, yang artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar: 0,215; 0,225; 0,223; 0,266; 0,291; 0,281. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan antara: (1) disiplin belajar; (2) task commitment; (3) kemandirian belajar; (4) disiplin belajar dan task commitment; (5) task commitment dan kemandirian belajar; (6) kemandirian belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika; dan (7) terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,093. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Disiplin Belajar, Task Commitment, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika. en_US
dc.title Hubungan Disiplin Belajar, Task Commitment, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account