Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Kumon
menghasilkan kemandirian dan prestasi belajar matematika yang lebih baik
daripada metode ekspositori pada siswa kelas VII putra SMP Takhassus Nuril
Anwar Loano Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo
tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling
non probability dengan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60
siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu metode dokumentasi, metode
angket dan metode tes. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian
dan prestasi belajar matematika dengan metode Kumon lebih baik daripada
ekspositori sehingga metode Kumon dapat diterapkan dan dikembangkan oleh
guru matematika dalam proses pembelajaran.