Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh metode Kumon terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Usman, Anca Mochamad Nur
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:07:59Z
dc.date.available 2018-02-14T09:07:59Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2854
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Kumon menghasilkan kemandirian dan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada metode ekspositori pada siswa kelas VII putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling non probability dengan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan metode Kumon lebih baik daripada ekspositori sehingga metode Kumon dapat diterapkan dan dikembangkan oleh guru matematika dalam proses pembelajaran. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kumon, Kemandirian, Prestasi Belajar. en_US
dc.title Pengaruh metode Kumon terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account