Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perhatian orang tua, sikap belajar,
kemampuan verbal, prestasi belajar matematika, serta hubungan yang positif dan
signifikan antara: perhatian orang tua, sikap belajar dan kemampuan verbal terhadap
prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP di Kecamatan Bayan sebanyak 365 siswa. Pengambilan sampel
menggunakan teknik propotionate random sampling di ambil sebanyak 92 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Tehnik
analisis data menggunakan uji t, korelasi dan regresi, dengan uji prasyarat normalitas,
homogenitas, linearitas, dan keberartian.
Kesimpulan dalam penelitian ini: perhatian orang tua, sikap belajar, kemampuan
verbal dan prestasi belajar matematika kurang dari 75%; dan ada hubungan
yang positif dan signifikan antara: (1) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar
matematika sebesar 0,34; (2) sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika
sebesar 0,37; (3) kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika sebesar
0,35; (4) perhatian orang tua dan sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika
sebesar 0,48; (5) perhatian orang tua dan kemampuan verbal terhadap prestasi
belajar matematika sebesar 0,46; (6) sikap belajar dan kemampuan verbal terhadap
prestasi belajar matematika sebesar 0,47; (7) perhatian orang tua, sikap belajar,
dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,23 tetapi
tidak signifikan.