Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Pada Siswa Kelas VIII F MTs Negeri Loano Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Utami, Marliani
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:15:50Z
dc.date.available 2018-02-14T09:15:50Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2862
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis lisan siswa, serta tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis tertulis siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Pada komunikasi matematis lisan di siklus I sebesar 66,07% menunjukkan bahwa siswa masih malu untuk bertanya maupun berpendapat lalu mengalami peningkatan di siklus II sebesar 78,57% dengan siswa sudah berani berpendapat maupun tampil percaya diri saat presentasi tanpa adanya keraguan. Pada pemecahan masalah di siklus I sebesar 74,44% menunjukkan adanya ketidaksesuaian dalam menuliskan apa yang diketahui maupun ditanyakan dan beberapa siswa tidak membuat rencana penyelesaian terlebih dahulu tetapi langsung melakukan perhitungan lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79,79% dengan lebih banyak siswa yang dapat menuliskan diketahui maupun ditanyakan dengan tepat serta membuat rencana penyelesaian terlebih dahulu kemudian melakukan perhitungan dengan lebih teliti. Pada kemampuan komunikasi matematis tertulis di siklus I sebesar 72,18% menunjukkan bahwa siswa masih belum tepat dalam menuliskan kesimpulan di akhir jawaban tes dan juga masih kesulitan membuat beragam bentuk soal maupun menemukan solusi atas soal yang dibuat oleh kelompok lain lalu mengalami peningkatan di siklus II sebesar 78,75% dengan siswa mampu menuliskan kesimpulan dengan tepat dan mengalami kemajuan dalam membuat soal serta menemukan solusi atas soal yang dibuat oleh kelompok lain. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Group Investigation, Problem Posing, Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Pada Siswa Kelas VIII F MTs Negeri Loano Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account