Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di
mana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15
siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan
pemecahan masalah dan komunikasi matematis tulis siswa, serta lembar observasi
untuk mengukur komunikasi matematis lisan siswa. Analisis data menggunakan
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa untuk kemampuan
pemecahan masalah, siswa mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian
masalah dengan tepat yang meliputi memahami masalah, merencanakan
penyelesaian, melalui perhitungan, dan memeriksa kembali. Sedangkan untuk
kemampuan komunikasi matematis, siswa mampu menyampaikan ide atau
pendapat matematisnya baik tulisan maupun lisan dengan tepat. Hasil penelitian
secara kuantitatif menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan
masalah dari 68,75% dalam kategori cukup pada siklus I, meningkat 8,19% menjadi
78,04% dalam kategori baik pada siklus II. Sedangkan untuk komunikasi matematis
terdapat peningkatan dari 68,85% dalam kategori cukup pada siklus I meningkat
menjadi 80,03% dalam kategori baik pada siklus II.