Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Kombinasi Time Token pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII C SMP NEGERI 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Maryani
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:20:36Z
dc.date.available 2018-02-14T09:20:36Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2867
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis tulis siswa, serta lembar observasi untuk mengukur komunikasi matematis lisan siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa untuk kemampuan pemecahan masalah, siswa mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan tepat yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melalui perhitungan, dan memeriksa kembali. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis, siswa mampu menyampaikan ide atau pendapat matematisnya baik tulisan maupun lisan dengan tepat. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari 68,75% dalam kategori cukup pada siklus I, meningkat 8,19% menjadi 78,04% dalam kategori baik pada siklus II. Sedangkan untuk komunikasi matematis terdapat peningkatan dari 68,85% dalam kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi 80,03% dalam kategori baik pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject AIR (Auditory Intelletually Repetition), Time Token, Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Kombinasi Time Token pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII C SMP NEGERI 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account