Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar
matematika dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII D SMP Negeri
22 Purworejo melalui metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here tahun
pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini
dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 22 Purworejo, dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII D sejumlah 31
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes,
dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi keaktifan, lembar angket keaktifan, dan soal tes evaluasi yang
berjumlah 5 soal uraian dalam materi bangun ruang khususnya prisma dan limas.
Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar
matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo mengalami
peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Everyone is a
Teacher Here dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan rerata
persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 56,45% pada
siklus I meningkat menjadi 79,03% pada siklus II. Pada siklus I siswa masih malu
untuk maju ke depan kelas menjawab pertanyaan, siswa belum berani menanggapi
jawaban dari siswa lain, cenderung diam saja saat ditanya guru tetapi banyak
mengobrol dengan teman sebangkunya. Sedangkan pada siklus II sudah terwujud
siswa sudah tidak bingung lagi dalam menulis pertanyaan di kartu pertanyaan,
siswa berani maju ke depan kelas untuk menjawab pertanyaan atas kemauan
sendiri, siswa berani menyatakan pendapatnya, dan siswa juga berani bertanya
jika ada materi yang belum dipahami. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa,
rerata nilai mengalami peningkatan dari 68,71 pada siklus I menjadi 75,35 pada
siklus II. Hal ini ditandai dengan siswa mengerjakan sendiri setiap soal tes yang
diberikan dan siswa berusaha mengerjakan semua soal baik yang mudah dan sulit
sampai bisa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016.