Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Setiya, Yeyen
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:25:21Z
dc.date.available 2018-02-14T09:25:21Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2871
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo melalui metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Purworejo, dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII D sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan, lembar angket keaktifan, dan soal tes evaluasi yang berjumlah 5 soal uraian dalam materi bangun ruang khususnya prisma dan limas. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Everyone is a Teacher Here dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 56,45% pada siklus I meningkat menjadi 79,03% pada siklus II. Pada siklus I siswa masih malu untuk maju ke depan kelas menjawab pertanyaan, siswa belum berani menanggapi jawaban dari siswa lain, cenderung diam saja saat ditanya guru tetapi banyak mengobrol dengan teman sebangkunya. Sedangkan pada siklus II sudah terwujud siswa sudah tidak bingung lagi dalam menulis pertanyaan di kartu pertanyaan, siswa berani maju ke depan kelas untuk menjawab pertanyaan atas kemauan sendiri, siswa berani menyatakan pendapatnya, dan siswa juga berani bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, rerata nilai mengalami peningkatan dari 68,71 pada siklus I menjadi 75,35 pada siklus II. Hal ini ditandai dengan siswa mengerjakan sendiri setiap soal tes yang diberikan dan siswa berusaha mengerjakan semua soal baik yang mudah dan sulit sampai bisa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan belajar, prestasi belajar, everyone is a teacher here en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account