Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH INSTRUMEN PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Setyaningrum, Desy
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:29:47Z
dc.date.available 2018-02-14T09:29:47Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2874
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 5 Purworejo.(2) Besarnya pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 5 Purworejo. Dengan hipotesis sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 5 Purworejo.(2) Berapakah besarnya pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 5 Purworejo Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 5 Purworejo yang berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 95 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang diisi oleh responden. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif, secara umum diketahui bahwa instrumen pembelajaran SMA N 5 Purworejo pada kategori cukup sebesar 58,95%. Variabel pencapaian hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA N 5 Purworejo berdasarkan analisis deskriptif pada umumnya berada pada kategori cukup sebesar 45,26%. Dari variabel instrumen pembelajaran diperoleh bahwa dari hasil analisis korelasi partial (r) 0,640 dan thitung = 8,043 dengan sig = 0,000. Karena sig= 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan signifikan, sedangkan koefisien determinasi (r2) 0,410, sehingga instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar sebesar 41% dan yang dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 59%. Ini berarti hipotesis diterima dimana adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA N 5 Purworejo. en_US
dc.publisher Bahasa Inggris-FKIP en_US
dc.subject instrumen pembelajaran, pencapaian hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH INSTRUMEN PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMA NEGERI 5 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account