Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimen Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Fleming Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Terhadap Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Gombong Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Susanti, Nita
dc.date.accessioned 2018-02-14T09:34:02Z
dc.date.available 2018-02-14T09:34:02Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2877
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga. Kemampuan komunikasi matematis dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga. Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri Gombong tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 73 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t multivariat dan dilanjutkan dengan uji t univariat secara terpisah. Dari uji t multivariat diperoleh: kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga; dan dilanjutkan dengan uji t univariat diperoleh: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga; (2) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga. Ini menunjukan bahwa model pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar, STAD dan Fleming dengan pemanfaatan alat peraga en_US
dc.title Eksperimen Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Fleming Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Terhadap Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Gombong Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account